Sekilas sejarah pemerintahan Kampung Petta Timur

0
181

PETTA TIMUR – TABUT|| Petta Timur dimekarkan pada Tahun 2006 dari Desa Petta Induk. Desa ini merupakan salah satu Desa hasil dari Pemekaran Desa Petta Induk yang menghasilkan 3 desa yang dibagi sesuai pemetaan wilayah, yakni; Petta Timur, Petta Barat dan Petta Selatan. Edmon Gahinsa dipercayakan menjadi Penjabat Kapitalaung Desa Petta Timur dari Tahun 2006 sampai 2009.

Pada Tahun 2009, Pemerintah Desa Petta Timur menjadi Desa Definitif berdasarkan keputusan Bupati sehingga pada tanggal 21 April 2010, Desa ini melaksanakan pesta demokrasi pemilihan Kapitalaung (Kepala Desa) dan menghasilkan pemimpin terpilih saat itu Bapak Darwis Lintuhaseng yg kemudian dilantik pada tanggal 12 Mei 2010.

Darwis Lintuhaseng memimpin Desa ini dari 12 Mei 2010 sampai dengan 15 Juni 2015 yg selanjutnya digantikan oleh Ibu Sujasmin Maniku sebagai penjabat Kapitalaung pada tanggal 16 Agustus 2016 yang dilantik oleh Bupati Hironimus Rompas Makagansa, M.SI kala itu. Setelah Sujasmin Maniku, ada pula nama Ahmad Yani Salapali,S.Kom yang menjadi pejabat sementara sampai pesta demokrasi pemilihan Kepala Desa selanjutnya.

Irwanto Adilang terpilih menjadi Kepala Desa Petta Timur dan dilantik pada tanggal 13 Agustus 2018 dan memimpin sampai saat ini. Adilang ketika ditemui di kantor Desa Petta Timur, beliau sedang melakukan persiapan guna pencairan anggaran dana desa tahap 2 bersama beberapa perangkat Desa. Irwanto sangat terbuka dengan keberadaan pembangunan di desanya. Beliau bertutur bahwa selepas dilantik, dia langsung meneruskan pekerjaan yang ditinggalkan oleh pejabat lalu berupa pembangunan talud (penahan-pempecah ombak) di 2 Lindongan dalam wilayahnya.

Sampai saat ini Desa Petta Timur terus berbenah dalam menunjang kegiatan masyarakat di desanya. Segala urusan surat-menyurat, pembuatan KTP dan lain sejenisnya dilaksanakan oleh pemerintah desa guna pelayanan lebih baik ke masyarakat.

“Meskipun anggaran tahap 1 Tahun 2019 sebagian besar difungsikan sebagai belanja operasional desa, Namum perencanaan demi perencanaan untuk perkembangan pembangunan akan dilakukan dianggara tahapan berikutnya selama masa pemerintahannya” kata Kades Irwanto.

Peran Irwanto cukup besar untuk membangun Desa Petta Timur, mengingat Pelabuhan Petta berada dalam cakupan wilayahnya. Pelabuhan Petta menjadi cukup padat aktivitasnya karena keluar-masuk kapal dari berbagai daerah, sehingga dibutuhkan perhatian lebih guna pengawasan aktivitas di dalamnya.

Penulis: Dendy Abram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here