Sekilas tentang Kampung Lia Satu

0
155

LIA 1-SIAU TIMUR || Seperti sejarah asal usul pemberian nama Kampung Lia Induk, sejarah nama itu juga berlaku buat Kampung Lia Satu yakni berawal dari kebiasaan panglima perang Kerajaan Siau yang bernama Hengkeng Naung yang saat pergi berperang selalu menyempatkan diri menyambangi datuk orang Lia yang bernama Gogole untuk meminta “lia (jahe)”.

Tanggal 7 Januari 2010 adalah awal terbentuknya kampung Lia Satu. Dengan tujuan untuk lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat maka tokoh agama dan tokoh masyarakat mengajukan permohonan pemekaran pada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro.

Pada tanggal 11 Mei 2011, Kampung Lia Satu diresmikan oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Sitaro sebagai kampung persiapan dan Djendra Petrus Ansyu ditunjuk sebagai penjabat kapitalau.
Lalu pada tahun 2012 Kampung Lia Satu dinyatakan sebagai Kampung definitif dan diadakan pemilihan Kapitalau yang dimenangkan oleh Fredrika Linda Barakati yang dilantik pada bulan Mei 2012 dan memerintah sampai tahun 2018. Pada tahun 2018 Nus Ansyu diberi mandat menjadi Penjabat Kapitalau Sementara di Kampung Lia Satu selang menunggu hasil pemilihan Kapitalau yang diadakan serentak pada tahun 2019 ini.

Dengan luas wilayah sekitar 1,50 km, Kampung Lia Satu memiliki 4 lindongan yang sebagian besar penduduk bermata pencaharian petani dan sebagai sampingan masyarakat menjadi peternak. Adapun hewan yang dipelihara didominasi oleh ternak ayam, babi dan ternak lain.

Penulis: Demsi Laluas
Editor: Nia Biringang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here