Sekilas tentang sejarah Pemerintahan Kampung Batusenggo

0
270
Kampung Batusenggo, Fotografer: Stiff Lahengking

BATUSENGGO-SIBARSEL || Sepanjang kampung Batusenggo sebagian besar terdiri dari bebatuan. Sekilas alkisah Kampung Batusenggo, pada tahun 1908 Datuk pertama sedang menyusuri pantai dan dilihatnya sebuah batu yang berbentuk layar perahu yang bahasa daerahnya “senggo”. Jika air pasang batu tersebut kelihatan seperti perahu yang sedang berlayar, maka sejak itu kampung ini dinamakan Batusenggo dan batu itu juga masih berdiri kokoh hingga kini.

Berbicara dibidang pemerintahan, jauh sebelumnya kampung ini merupakan satu wilayah pemerintahan dengan Kampung Laghaeng, hingga pada tahun 2004 Kampung Batusenggo dimekarkan dari Kampung Laghaeng dan berotonom.

Kampung yang sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Siau Timur, sebelah utara berbatasan dengan kampung Laghaeng, sebelah selatan berbatasan dengan kampung Mahuneni, dan sebelah Barat berbatasan dengan laut Sulawesi ini pernah di pimpin oleh Esra Bawekes. Beliau mempimpin Batusenggo diwaktu kampung ini memasuki kampung persiapan menjadi kampung definitif. Bawekes memimpin kurang lebih setahun, pada tahun 2004 sampai dengan 2005, dan selanjutnya dipimpin oleh Eldat Manoi tahun 2005 hingga asekarang.

Letak geografis kampung Batusenggo, merupakan salah satu kampung dari 7 kampung di wilayah kecamatan Siau Barat Selatan, yang terletak kurang lebih 2 kilometer dari ibu kota kecamatan dan kabupaten yaitu Kampung Ondong, dan luas wilayahnya sebesar 269 hektar.

Kampung yang berumur remaja ini, mempunyai jumlah penduduk sebanyak 564 jiwa yang tersebar dalam 3 lindongan dengan perincian sebagai berikut:
Lindongan 1: jumlah penduduk sebanyak 201 jiwa
Lindongan 2: jumlah penduduk sebanyak 148 jiwa
Lindongan 3: jumlah penduduk sebanyak 215 jiwa

Data diatas sesuai dengan data yang tertulis dalam profil kampung Batusenggo yang di suguhkan oleh sekretaris kampung, Ruth Tahulending di kantor Kampung Batusenggo kepada awak media Kompaq.id, 27/6 lalu, karena kebetulan kapitalau sedang mengikuti Bimtek.

Penulis: Igel Gaghago

Editor: Nia Biringang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here