Selain dilaporkan 3 kasus ADD/DD, Oknum Kades Tanaki dilaporkan 4 kasus lain beserta saksi kuncinya

0
457
Wartawan Kompaq.id bersama oknum Kapitalau Tanaki

TANAKI-SIAU BARAT|| Oknum Kapitalau (Kepala Desa) dan Majelis Tua-tua Kampung (MTK) semacam Badan Permusyawatan Desa (BPD) dalam Laporan tertulis Masyarakat Tanaki juga disebutkan melakukan 4 kasus lainnya. Keempat kasus ini berbeda secara prinsip dengan kasus yang dilaporkan sebelumnya. Jika pada kasus yang dipublis pertama, Tim Desa Kompak merilis penyelewengan terhadap Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD), kali ini akan dirilis penyelewengan terhadap beberapa bantuan pemerintah.

Berikut ini kronologinya.

Pada tahun 2009 masyarakat Kampung Tanaki menerima bantuan dari Dinas Sosial berupa Perangkat  listrik tenaga surya sebanyak 25 unit untuk 25 kepala keluarga. Ternyata yang disalurkan hanya 22 unit, tersisa 3  unit: 1 unit dipakai oleh Kepala Kampung di rumahnya, 2 unit dijual oleh Kepala Kampung ke daerah Bitung lewat saksi mata yang membawa Perangkat listrik tenaga surya tersebut yaitu warga berinisial PM.

Satu unit mesin traktor milik Kelompok Tani dijual oleh oknum ChK kepada oknum ST yang adalah warga masyarakat kampung Talawid dan transaksi jual beli ini disetujui oleh Kepala Kampung Tanaki FP. Selain itu juga satu unit mesin traktor milik kelompok tani yang lain dijual oleh oknum GP yang adalah salah satu anggota MTK Kampung Tanaki dan transaksi ini disaksikan oleh seorang warga berinisal PM. Begitu juga dengan bantuan beras miskin alias raskin untuk masyarakat Kampung Tanaki, hanya sebagian yang disalurkan. Sebagian dijual ke Kampung Kembarli Kec. Siau Timur dan disaksikan oleh PM.

Oknum Ketua MTK AP selaku  telah menjual bantuan pemerintah dari Dinas Pertanian berupa 300 bibit pohon Pala ke daerah lain yaitu ke Kota Bitung, dan disaksikan pula oleh PM.

Tim Desa Kompak akan terus melakukan liputan mendalam terkait pengawasan pengelolaan ADD/DD di seluruh desa se Sulawesi Utara. Karena tidak ada cara yang lebih efektif dan efesien, selain melakukan transparansi dalam pengelolaan keuangan Negara oleh abdi Negara yang berintegritas, Ikuti terus laporan kami.

Penulis: Dirno Kaghoo

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here