Senator Benny Rhamdani Perjuangkan Nasib CPNS Yang Gagal Ikut Seleksi

0
173

Masalah yang mendera Peserta Ujian CPNS di seluruh tanah air Republik ini menyisahkan kekesalan bagi ribuan warga negara pencari kerja. Pokok persoalan terletak pada tidak lolosnya peserta dalam memenuhi quota yang ditetapkan, disebabkan oleh target passing grade yang terlampau sulit dicapai oleh peserta seleksi. Artinya, standar yang digunakan oleh pemerintah dinilai terlampau sulit dicapai oleh peserta seleksi secara nasional. 

Mencermati persoalan besar ini, Ketua Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Benny Rhamdani bersama anggota Komite DPDRI lainnya mengkaji persoalan ini kemudian mendatangi MENPANRI pada Selasa, 12/11. Kedatangan Komite I DPDRI untuk menyampaikan masukan dan catatan kritis terhadap proses, sistem dan regulasi yang mengatur seleksi CPNS 2018. 

Pertemuan dengan MENPANRI tersebut berlangsung selama kurang lebih satu jam. Menurut BRANI ada tiga point penting yang diperoleh dari hasil pertemuan itu, yakni diturunkannya nilai ambang batas minimal passing grade, diberlakukannya sistem perankingan dan memprioritaskan putera-puteri daerah dalam proses seleksi. Ketiga hal tersebut telah disetujui oleh MENPANRI dan segera dimasukkan dalam skema PERMENPAN yang akan dikeluarkan paling lambat minggu depan. 

Insya Allah, Permenpan terbaru yang akan dikeluarkan tersebut dapat menjadi solusi atas masalah yang mendera peserta seleksi CPNS se Indonesia, khususnya di kawasan timur Indonesia dan lebih khusus lagi di Sulawesi Utara, tutur Caleg DPRRI Nomor Urut 1 dari Partai Hanura itu. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here