Si Goblok Itu, Tertangkap Korupsi

0
588

MANADO|| Pertengahan tahun 2020, Bupati Boltim Sehan Landjar sempat viral di media sosial lantaran mengkritik dengan keras soal penyaluran bantuan sosial (Bansos) yang dinilai sangat rumit, sehingga pria yang kini ikut dalam kontestasi Pilkada Sulut 2020 itu menyebut sang Mensos dengan pilihan kata “goblok”.

Si Mentri Sosial, Juliari Batubara menjadi tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi terkait Bansos Covid 19.

Media nasional detiknews.com melansir kabar bahwa Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan, mulanya Adrian IM dan Harry Sidabuke selaku pihak swasta memberikan sejumlah uang kepada Matheus Joko Santoso selaku Pejabat Pembuat Komitmen di Kementrian Sosial dan Sekretaris Kemensos, Shelvy N.

“Penyerahan uang akan dilakukan pada hari Sabtu 5 Desember 2020 sekitar jam 02.00 WIB di salah satu tempat di Jakarta” kata Firly dalam konferensi pers di KPK, Minggu, 6/12/2020.

Selain Juliari Batubara, lembaga anti rasuah juga menetapkan empat orang tersangka yaitu MJS, AW, AIM, HS.

Kasus dugaan korupsi tersebut terbongkar lewat Operasi Tangkap Tangan (OTT). Mereka yang ditangkap antara lain Direktur PT Tiga Pilar Agro Utama, Wan Guntar, Adrian, Harry, Sanjaya dan Shelvy.

KPK berhasil mengamankan uang sekitar Rp 14,5 Miliar yang terdiri dari pecahan rupiah, dollar Amerika Serikat dan Dollar Singapura. Uang disimpan dalam 7 koper, 3 tas ransel dan amplop kecil yang disiapkan Adrian dan Harry.

Ketua KPK menjelaskan, “fee sebesar Rp 10 ribu per paket bansos yang diduga diterima Juliari pada pelaksanaan paket bansos sembako periode pertama diduga diterima fee Rp 12 miliar diberikan secara tunai oleh Matheus kepada Juliari melalui Adi dengan nilai sekitar Rp 8,2 miliar.

Uang tersebut dikelola oleh Eko dan Shelvy selaku orang kepercayaan Sang Mentri untuk membayar berbagai keperluan pribadi dari politikus PDI Perjuangan di jabatan Wakil Bendahara DPP.

Mentri yang mendapat semprotan keras dari Sehan Landjar itu diketahui pernah berkunjung ke Sulut sewaktu acara Graduasi Mandiri dan Familly Gathering PKH Provinsi Sulut untuk menyampaikan seruan perang terhadap kemiskinan.

Pada bulan November 2019 lalu, Mensos mengunjungi Sulut untuk kunjungan ke Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra di Paal 4 Manado.

 

Advertisement