Soal Pindah TPS Bagi Pemilih, Ini Kata KPUD Sitaro

0
247

KOMPAQ.ID||SIAU| Dalam rangka melindungi hak pilih masyarakat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Sitaro, melalui Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) tengah merekomendasikan penyusunan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), sehubungan dengan perihal Pindah Memilih Daftar Pemilih, kartu tanda penduduk elektronik yang terdaftar dalam DPT karena dalam keadaan tertentu dapat menggunakan hak pilihnya untuk memberikan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) tempat pemilih yang bersangkutan terdaftar dalam DPT dan memberikan suara di TPS lain.

Adapun prosedur pindah memilih yang harus di penuhi oleh masyarakat yang masuk dalam daftar DPT sebagai berikut , pastikan nama anda terdaftar di DPT dengan cara cek dikantor kelurahan desa,cek di aplikasi KPU RI pemilu 2019 dan cek di website: lindungihakpilihmu.kpu.go.id.

Selanjutnya datang ke kantor PPS/KPU asal dan tujuan dengan menunjukan KTP-EL. Setelah itu laporkan ke PPS/KPU tujuan untuk didaftarkan di DPTb. Sesuai dengan prosedur pindah memilih tersebut di atas, ada hal yang harus diperhatikan masyarakat calon DPTb mengenai alasan keadaan tertentu yaitu menjalankan tugas di tempat lain pada hari pemungutan suara, menjalani rawat inap di rumah sakit atau puskesmas dan keluarga yang mendampingi, penyandang disabilitas yang menjalani perawatan di panti sosial atau panti rehabilitas, menjalani rehabilitas narkoba, menjalani tahanan atau sedang menjalani hukuman penjara atau kurungan, tugas belajar/menempuh pendidikan menengah atau tinggi, pindah domisili, tertimpa bencana alam dan atau bekerja diluar domisilinya.

Saat dikonfirmasi awak media 12/03/2019 via pesan singkat Whatsapp, Ketua KPU Sitaro, Stevanus Kaaro membenarkan adanya surat rekomendasi DPTB berdasarkan surat rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Nomor: SS/-0314/ K.BAWASLU/ PM.00.00/2/ 2019 pada tanggal 14 Februari 2019, perihal rekomendasi penyusunan DPTb. Bahwa layanan pindah memilih dilakukan sampai dengan tanggal 17 Maret 2019 pukul 16.00 waktu setempat. (Igel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here