Talengen Menuju Desa Pariwisata

0
633

TALENGEN-TABTENG|| Pembangunan fisik terus dilakukan pihak Pemerintah Kampung Talengen, Kecamatan Tabukan Tengah Sangihe. Seperti yang terpantau oleh KOMPAQ pada Rabu, 15 Januar 2020. Di Kampung Talengen tepatnya di Lindongan 2, Kapitalaung M. Lahopang, SE terlihat sedang memantau pekerjaan lanjutan yang menggunakan anggaran Dana Desa Tahap 3 Tahun 2019 itu.

“Saat ini kami sedang mengerjakan pembangunan destinasi “Wisata Apung” berlokasi di Teluk Talengen. Tempat ini  awalnya berfungsi sebagai tambatan perahu. Namun kini sedang dibenahi dan dialih-fungsikan menjadi tempat wisata. Rencananya akang dibangun juga semacam aula dan wisata kuliner di tempat ini. Pembangunannya dilaksanakan bertahap. Dana awal sebesar Rp 215 juta” ungkap Lahopang.

Lahopang juga menerangkan bahwa program padat karya yang dilakukan melibatkan masyarakat setempat.

“Semua pekerja, tukang dan bahan-bahan dalam pekerjaan ini dikerjakan dan disiapkan oleh masyarakat Talengen”, kata Lahopang,

Setelah berbincang-bincang sejenak dengan kapitalaung, kami diajak melihat langsung lokasi yang akan dibangun tempat wisata tersebut.

Air laut begitu tenang. Sangat tepat jika dijadikan tempat wisata. Cuaca laut yang extrim tidak terlalu berdampak di teluk ini. Beberapa warga masyarakat yang beada di lokasi pekerjaan pembangunan tempat wisata, sangat mendukung pembangunan ini.

Kiranya dengan dibangunnya tempat wisata ini, Kampung Talengen akan mendapat perhatian khusus di bidang pawisata. Diharapkan akan banyak pengunjung yang datang kesini untuk berwisata.

Kampung Talengen tengah berbenah mengelola sumberdaya alamnya menjadi program inovatif kampung. Dari sisi pemberdayaan masyarakat, Teluk Talengen sangat strategis dikelola untuk menopang perekonomulian warganya. Pasalnya tempat wisata kuliner yang sementara dibangun ini akan menyajikan makanan unggulan di tempat tersebut seperti kepiting bakau dan pengunjung dijamin dapat menikmati view di sekitar yang sangat indah.

Hamparan hutan mangrove yang mengitari sebagian Teluk Talengen menjadi salah satu daya tarik yang luar biasa bagi pengunjung. Pembangunan destinasi baru ini dimulai sejak awal Januari 2020 dan direncanakan penyelesaiannya secara bertahap sesuai dengan kebutuhan anggaran yang sudah direncanakan di tahun 2019 lalu.

Reporter: Frieg Dareho

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here