Tim Co Class 3T berkunjung ke 38 Kampung se Sangihe

0
129
Lucky Ahmad di Desa Mala bersama Kades dan Ibu-ibu PKK

TABUT-SANGIHE|| Seluruh Kampung di Kabupaten Kepulauan Sangihe pada Selasa, 9 Juli 2019 mendapat kunjungan dari Tim Co Class 3-T yang didampingi Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe melakukan kunjungan ke 9 Kecamatan guna Pengembangan Digitalisasi.

Tim ini berjumlah 38 orang yang disebar ke 38 Desa di 9 wilayah kecamatan yang dituju. Pemerintah Kecamatan Tabukan Utara juga mendapat jatah kunjungan dari  6 orang petugas yang menyebar ke 6 kampung, sebagai berikut:

  1. Kampung Utaurano dikunjungi oleh Arry Abdi, selaku Ketua Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia Wilayah Sulawesi;
  2. Kampung Mala dikunjungi oleh Lucky Ahmad, selaku Perwakilan PT. Angkasa Pura;
  3. Kampung Kalekube Satu dikunjungi oleh Clara Benarto, dari Asosiasi Logistik Indonesia;
  4. Kampung Lenganeng dikunjungi oleh Ani, selaku Perwakilan Kementerian Pertanian;
  5. Kampung Pusunge dikunjungi oleh I Gede Nyoman Saputra, selaku Perwakilan Kementerian Pariwisata, dan
  6. Desa Bowongkulu Satu dikunjungi oleh Felix Gaghaube, selaku Kadis Perindag Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Kunjungan ini disambut baik oleh pemerintah desa bahkan Pemerintah Kecamatan Tabukan Utara. Tim ini bermalam di rumah para Kapitalau dan memanfaatkan kesempatan untuk sharing tentang potensi dan perkembangan desa.

“Kegiatan kunjungan seperti ini harus kita sambut baik, karena manfaat dari hasil kunjungan ini akan berdampak besar bagi pembangunan desa kedepannya” kata Camat Hasyim Samalam, S.Sos.

Kepala Desa Utaurano Herdyanto Takapulungang, SE terlihat sangat antusias dengan kunjungan Tim ini. Takapulungan menyambut hangat tamunya Arry Abdi yang menginap di rumahnya.

“Harapan kami, kedepannya Desa Utaurano bisa lebih maju dengan adanya bantuan dalam pengembangan digitalisasi” harap Takapulungan.

Sementara Kapitalau Kampung Kalekube Satu, Kosmida Mabiang, tampak sangat akrab berbincang dengan tamunya Clara Benarto yang juga menginap di rumahnya.

Clara Benerto di Desa Kalekube 1 bersama Kades

“Kami sharing tentang potensi dan perkembangan desa dengan Ibu Clara. Beliau banyak memotivasi saya, orangnya baik dan ramah” kata Kosmida.

Kapitalau Kampung Mala, Hutman Masala juga menyambut baik tamunya Lucky Ahmad. Masala mengajak tamunya berkeliling kampung menikmati pemandangan alam, dan sempat menikmati kue halua kenari hasil olahan kelompok usaha masyarakat di desanya.

Arry Abdi saat diwawancarai Kompaq.ID menjelaskan maksud kedatangan mereka berkolaborasi dengan pemerintah desa guna mengimplementasikan teknik digitalisasi dalam melakukan pengembangan potensi desa. Jadi melalui peran digitalisasi semua info desa sampai ke hasil BUMDes dapat dipasarkan secara online.

“Kami menaungi 600 operator di Indonesia dari yang terkecil sampai terbesar” kata Arry Abdi

Arry Abdi nampak sangat menikmati kunjungannya di Desa Utaurano. Beliau mencoba memainkan alat musik gitar hasil rakitan lokal pengrajin desa tersebut. Sementara Lucky Ahmad terlihat bersama Kapitalau Mala sedang berbincang dengan ibu-ibu PKK dari kelompok usaha pembuat kue halua kenari seputar cara pemasaran demi pengembangan usaha-usaha di desa kedepannya.

Arry Abdi di Desa Utaurano bersama Camat

Tampaknya Arry Abdi bersama Kapitalau Utaurano menikmati malam dengan live musik dari kesenian Orkes dan Kulintang. Kiranya hasil yang diterima dari kunjungan seperti ini dapat diterapkan oleh Pemerintah Desa demi kemajuan desa itu sendiri. Tim “co class” 3-T rencananya akan kembali besok pagi ke Tahuna.

Penulis: Dendy Abram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here