Ujian Sekolah SMKN 1 Tareran,Tarumingkeng Himbau Patuhi 5M

0
302

Minsel || KOMPAQ.ID – Situasi pademi Covid19 mengharuskan warga untuk tetap jaga kesehatan dan mematuhi peraturan pemerintah tentang protokol covid yang sementara diperdengarkan oleh semua pimpinan daerah. Itulah juga yang terjadi khususnya di kabupaten Minahasa Selatan.

Di sisi lain, masih banyak orang yang melanggar bahkan belum tahu dengan protokol kesehatan terbaru: gerakan 5M COVID. Kebijakan tersebut dibuat pemerintah guna memerangi virus corona yang tampak semakin ganas dari hari ke hari.

Untuk menyikapi situasi tersebut, dunia pendidikan terus berupaya melakukan edukasi kepada para siswa tentang pentingnya menaati gerakan 5M.

SMKN 1 Tareran hari ini (09/03/2021) melaksanakan kegiatan ujian sekolah yang dikhususkan untuk siswa kelas XII dan terbagi menjadi 4 jurusan.

Menurut penjelasan kepala sekolah Jimie Tarumingkeng SPd, mereka sementara berusaha mensosialisasikan gerakan taat 5M kepada 45 siswa yang hadir saat ujian hari ini.

” Sistem pembelajaran yang diterapkan disekolah kami ini adalah daring serta luring, dalam minggu berjalan kami sudah menyusun jadwal, ada satu jurusan yang datang disekolah tapi hanya mengikuti kegiatan praktek dan pada pelaksanaan ujian, para siswa harus datang disekolah sesuai keputusan rapat dengan orang tua”, jelas Jimie.

Sosialisasi program 5M dihimbau terus menerus kepada seluruh siswa yang hadir, baik itu saat kegiatan praktek sampai pada saat ujian sekolah kali ini.

” Seperti yang sudah saya sampaikan kepada mereka (siswa, guru) pada setiap momen kegiatan sekolah, Sebenarnya 5M ini ada untuk mendukung 3M. Ini pun (5M) dilakukan untuk membantu mencegah penularan dan penyebaran virus corona di masyarakat”, ungkapnya.

“(5M) ini berlaku untuk semua kalangan. Tapi, kalau untuk anak di bawah 2 tahun, tidak disarankan pakai masker; tapi bisa digunakan penutup stroller (jika pakai) atau face shield. Tetap harus jaga jarak, serta di bawah pengawasan orang tuanya,” sambungnya.

Pelaksanaan ujian sekolah di rumah khusus untuk siswa yang berhalangan sakit

Berikut penjelasan singkat tentang 5M yang dikutip dari beberapa sumber :

1. Memakai Masker

Anda diharapkan untuk memakai masker saat berada di luar rumah, atau ketika berkumpul bersama kerabat di mana pun berada.

2. Mencuci Tangan

Anda mesti mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun secara berkala. Jika tak ada air dan sabun, Anda bisa menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan dari kuman-kuman yang menempel.

3. Menjaga Jarak

Jika ada keperluan mendesak yang membuat Anda harus pergi ke luar rumah, ingatlah untuk menjaga jarak satu sama lain. Jarak yang dianjurkan adalah 1 hingga 2 meter dari orang sekitar Anda.

4. Menjauhi Kerumunan

Anda juga diminta untuk menjauhi kerumunan saat berada di luar rumah. Ingat, semakin banyak dan sering Anda bertemu orang, kemungkinan terinfeksi corona bisa semakin tinggi.

5. Mengurangi Mobilitas

Jika tidak ada keperluan yang mendesak, tetaplah berada di rumah. Meski sehat dan tidak ada gejala penyakit, belum tentu Anda pulang ke rumah dengan keadaan yang masih sama.

Selalu ingat, virus corona bisa menyebar dan menginfeksi seseorang dengan cepat.

Advertisement