MANADO|| Pantauan media hari ini Kamis (26/3), situasi di beberapa bagian Kota Manado terpantau relatif sepi alias berkurangnya aktivitas yang biasanya ramai menjadi lengang. Baik itu di jalan umum, maupun pusat kota hanya terlihat sedikit aktivitas warga kota. Di Pasar 45 sebagai pusat perbelanjaan terbesar terlihat begitu lengang. Para pembeli hanya terlihat beberapa orang saja yang lalu-lalang di bilangan Supermarket Golden Kecil 45.

Jalan dari arah Swalayan Jumbo menuju Pelabuhan Manado, terlihat kendaraan roda empat seperti Angkot (Mikrolet) yang biasanya ramai dengan penumpang namun dari pantauan Media ini terlihat hanya sopir dengan satu orang penumpang. Ada juga mikrolet yang tak punya penumpang.

Nampaknya masyarakat Manado paham dengan himbauan social distancing. “Para pedagang hanya bisa menjual barang yang laris terjual seperti masker yang banyak pembeli, sedang barang lain kurang peminatnya”, Keluh Nining pedagang kain, baju, celana, sendal dan sepatu.

Jalan dari golden kecil menuju kompleks pertokoan Presiden Center hampir tidak ada pejalan kaki. Perekonomian pusat kota 45 seperti sedang lumpuh total.

“Kami hari ini tidak mendapatkan hasil apa-apa, sudah seharian dari pagi sampai sore hari tidak ada satu orang penumpang” Cetus Udi. tukang ojek di komplex Golden.

Sementara, terpantau Pihak Kepolisian dan jajaran Pemerintah Kecamatan se Kota Manado sedang gencar melakukan sosialisasi di jalan raya. Memastikan semua penduduk kota agar mematuhi social distancing dengan cara berdiam di dalam rumah, agar sebaran Covid 19 segera dapat diatasi sampai akhir April 2020.

Dari selatan Kota Manado, Polsek Malalayang sedang berkeliling melakukan sosialisasi dan di Utara Kota Manado Polsek Tuminting melakukan hal serupa sambil melarang tegas aktivitas konsentrasi massa atau kegiatan berkelompok dalam bentuk apapun karena akan ada sanksi hukumnya.

Pemerintah Kecamatan Singkil, Zainal Bawa, S.Sos saat diwawancarai media ini mengatakan Pemerintah Kota Manado kini semakin gencar melakukan sosialisasi dan menindaklanjuti semua isi Surat Edaran Walikota Manado. Saksikan keterangannya dalam video ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here