Wine Pala dan Kuliner Lokal Asal Sitaro kian diminati wisatawan

0
198

SIAU – SITARO|| Dua produk industri hasil olahan ibu-ibu rumah tangga di bidang kuliner atau snack sejenisnya mulai banjir permintaan pasar. Dua produk olahan ini menggunakan bahan dasar buah pala dan biji kenari. Memiliki citra rasa yang nikmat dan mengundang selera bagi pencinta kue khas Siau.

Terasa kurang apabila tidak mencicipi dua produk makanan ringan saat berkunjung ke pulau siau. Pesona indah pulau siau dengan pemandangan hutan lebat di bawah kaki kedua gunung baik Gunung Karangetang maupun Gunung Tamata, serta pemadangan laut yang dihiasi jejeran terasa pulau-pulau membuat panorama menjadi sempurna.

Mengitarinya sambil menikmati snack  hasil olahan rumah-tangga ini, membuat suasana semakin nikmat dan memaksa betah. Saat awak media ini bertandang ke rumah warga, yang menjadi pusat olahan indusri rumah tangga ini di desa Beong Kecamatan Siau Tengah, dan berbincang  hangat, ihwal usaha yang dibangun.

Camat Hendrik Barik selaku pegiat dan penggagas usaha ini pun ditemui disana. Mereka menyambut kami dengan kehangatan.  Selanjutnya pembicaraan kami mengarah pada dua produk rumah tangga yang sekarang ini mulai meningkat permintaannya.

Pak Barik menuturkan bahwa usaha kecil ini motivasinya adalah untuk sumbangsinya bagi daerah Sitaro karena berbagai pengalaman dan pengetahuan dalam bidang pertanian. Ia merasa terpanggil membuat jenis produk makanan khas dari pulau Sitaro dengan bermodalkan semangat.

Kami mulai merintis usaha kecil ini sejak dari pengolahan maupun cara kemasannya sangat memperhatikan masalah kesehatan, karena ini dikonsumsi manusia.  Puji syukur sekarang ini kedua produk ini mulai di kenal luas oleh masyarakat lokal dan diaspora, katanya.

Baik di Sulawesi Utara maupun di beberapa daerah lainya, permintaan mulai meningkat, imbuhnya.

Produksinya juga mulai kami tingkatkan. Tata cara, aturan dan syarat produk agar layak jual sudah kami penuhi.  Produk olahan ini mengantongi ijin perdagangan dari BPOM. Sehingga boleh bersaing di pasar domestik dan tinggal dibutuhkan sokongan dana dari pihak ketiga untuk peningkatan jumlah produksi. Selain itu kami juga mulai memproduksi olahan dalam bentuk minuman (wine). Namun semuanya terkendala dengan proses perijinannya. Mudah mudahan ini bisa terjawab oleh presiden  Jokowi mengenai kemudahan perijinan bagi industri rumah tangga. Dan ada satu lagi jenis usaha yang nantinya kami produksi, yaitu pembuatan bumbu dapur dalam kemasan bubuk yang berbahan dasar ikan laut yakni bakasang dan abon. Dulunya pernah kami produksi dan sangat diminati. Terkendala saat musim selatan karena mahalnya harga ikan sebagai bahan dasar dari produk ini, tutupnya.

Harga jual dari kedua produk lokal ini adalah sama. Baik anggur pala dan produk lainnya saat ini diberi prize Rp 12 ribu. Pemesananannya  dapat menghubungi 081390669958/ 081390669959. Alamat Kampung Beong, Kecamatan Siau Tengah Kabupaten Kepulauan Sitaro.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here