Ini Hasil Survey Litbang Kompaq Di Sitaro Dapil 1

0
303
KOMPAQ.ID. SITARO. Litbang Kompaq hari ini, Senin 10/12 merilis hasil survey di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) setelah selesai melaksanakan survey di Pulau Siau sejak akhir November lalu. Survey yang dilakukan dengan metode wawancara langsung pada 33 responden di 31 kampung dengan jumlah responden sebanyak 43 orang yang terdaftar dalam DPT 2019.
Survey ini mendapatkan tiga temuan penting, yakni tingkat popularitas dan elektabilitas Partai Politik, tingkat popularitas dan elektabilitas Caleg dan Caleg Potensial yang meraih kursi apabila Pemilu dilaksanakan pada hari ini. Tetapi yang dirilis hari ini, hanya point pertama, yaitu tingkat popularitas dan elektabilitas Parpol peserta Pemilu.
Riset kuantitatif yang menggunakan teknik penarikan sampel acak dengan signifikansi 95% dan presisi 2% tersebut, menemukan hasil sebagai berikut: 1) PDI Perjuangan: Populer 54%, Elektabel 71%, 2) Partai Golkar: Populer 41%, Elektabel 71%, 3) Partai Nasdem: Populer 37%, Elektabel 71%. Kemudian disusul oleh Partai Demokrat: Populer 28%, Elektabel 24%. Lalu diikuti oleh Perindo, Berkarya, PAN, Gerindra, Hanura, dll dengan tingkat popularitas dibawah 21% dan elektabilitas kurang dari 20%.
Dari hasil survey ini, dapat disimpulkan PDI Perjuangan berpeluang besar menggondol 2 kursi. Empat kursi lainnya akan terdistribusi pada 4 parpol yakni, Golkar, Nasdem, Demokrat dan Berkarya.