Begini ternyata arti nama Tomohon

0
111

Tomohon berasal dari tou Mu’ung. Tou (bahasa Minahasa), yang artinya orang.Sedangkan Mu’ung adalah nama seorang wanita. Karena pengaruh dialek, lambat laun sebutan tou Mu’ung mengalami perubahan bentuk (alomorf) dan perubahan lafal (alofon) menjadi Tomohon. Jadi, secara etimologi arti Tomohon adalah orang Mu’ung.

Mu’ung, adalah nama seorang wanita tua. Saat terjadi musim kemarau panjang dan kekeringan melanda seluruh wanua (negeri), Mu’ung berdoa dengan penuh keyakinan, dan akhirnya hujan lebat turun. Intensitas curah hujan yang tinggi tersebut menyisakan sebuah sumber mata air dan di sekitarnya terbentuk sebuah kolam sepanjang 50 kaki dan lebar 20 kaki, yang saat ini menjadi tempat pemandian umum di kelurahan Matani II.

Dikisahkan bahwa setelah tonaas Mokoagow meninggalkan desa Kinilow tua, ia kemudian merintis pemukiman baru (tumani) di wanua Mu’ung dan Kamasi, lalu mendirikan desa baru dengan nama Tou Mu’ung, yang kini dikenal dengan nama Tomohon.

Tomohon, adalah kota kecil yang memiliki hawa sejuk. Berjarak 23 km dari kota Manado. Meskipun kecil, namun memiliki porensi yang luar biasa di bidang pariwisata dan pertanian.

Tombulu, adalah bahasa yang digunakan di Tomohon. Dituturkan di wilayah Tomohon, Tanawangko, dan Kembes. Bahasa Tombulu memiliki 3 (tiga) dialek, yakni dialek Tara-Tara, Tomohon, Kembes dan daerah sekitarnya.

Sebelum tahun 2003, Tomohon adalah salah satu wilayah kecamatan di kabupaten Minahasa, kemudian statusnya ditingkatkan menjadi kota. Ditetapkan sebagai kota berdasarkan Undang Undang Nomor 10 Tahun 2003. Diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri, Hari Sabarno, atas nama presiden republik Indonesia pada tanggal 4 Agustus 2003.



TINGGALKAN KOMENTAR