MENGENAL ARTI NAMA GORONTALO

0
77

Asal usul nama Gorontalo tidak diketahui secara pasti. Sejumlah versi yang muncul hanyalah pendekatan mengenai asal usul dan arti namanya.

Terdapat 6 (enam) versi berbeda yang dihubung-hubungkan dengan asal usul nama dan arti Gorontalo.

Pertama, ada yang mengatakan bahwa nama Gorontalo berasal dari kata Hulontalangio. Hulontalangio, adalah nama sebuah kerajaan, yang kemudian disingkat menjadi Hulontalo.

Dalam perkembangannya, kata Hulontalo mengalami perubahan bentuk dan lafal menjadi Gorontalo.

Kedua, ada yang meyakini bahwa nama Gorontalo berasal dari kata Hulontalangi, yang artinya lebih mulia.

Dalam perkembangannya, kata Hulontalangi berubah menjadi Hulontalo, dan kemudian berubah lagi menjadi Gorontalo.

Ketiga, ada yang percaya bahwa nama Gorontalo merupakan perubahan bentuk dan lafal dari kata Hua Lolontalango, yang artinya orang-orang Gowa yang lalu lalang.

Keempat, ada yang mengatakan bahwa nama Gorontalo berasal dari kata Hulua Lo Tola, yang artinya tempat berkembangnya ikan gabus.

Kelima, ada yang menyakini bahwa nama Gorontalo berasal dari kata Pongolatalo atau Puhulatalo, yang artinya tempat menunggu.

Keenam, ada yang percaya bahwa nama Gorontalo berasal dari kata Hunto, yang artinya tempat yang selalu digenangi air.

Versi yang paling dipercaya kebenarannya, adalah versi kedua, yakni Hulontalangi yang kemudian mengalami perubahan bentuk dan lafal menjadi Hulontalo, dan kemudian berubah lagi menjadi Gorontalo.

Berdasarkan versi kedua, yaitu versi yang sangat diyakini kebenarannya, bahwa arti Gorontalo sama dengan arti Hulontalo (perubahan dari Hulontalangi), yakni lebih mulia.

Sumber:
https://www.gorontaloprov.go.id>profil. Sejarah-website Resmi Pemerintah Provinsi Gorontalo, dan sumber lainnya, dengan sejumlah perubahan dan penyesuaian.***



TINGGALKAN KOMENTAR