Telah Hadir 6 Aplikasi Berbasis Android Untuk Permudah Dulang dan Amankan Suara Caleg

0
320

KOMPAQ.ID. MANADO. Minggu, 5 Agustus 2018. PT Selo Aheng Utara satu-satunya Perusahaan yang bergerak dalam bidang penerbitan dan produksi teknologi komputer yang memproduksi ragam aplikasi dalam rangka mempermudah para Calon Legislatif dalam proses pemenangan Pemilu 2019. Giovani Manatar (28) selaku Pemimpin Perusahaan kepada Kompaq.id mengatakan, perusahaannya memproduksi 6 perangkat teknologi berbasis android. Keenam perangkat aplikasi itu antara lain: Aplikasi Canvasing, Aplikasi Survey, Aplikasi Pencitraan, Aplikasi Advokasi, Aplikasi Quick Count dan Aplikasi Real Count.

Dikatakan Manatar, keenam aplikasi tersebut akan dirancang di masing-masing sekretariat pemenangan para calon dan terhubung secara online ke jaringan Tim Sukses di seluruh tingkatan. Misalnya Aplikasi Canvasing, akan dibangun server utama sebagai pengendali user-user yang akan bekerja menggalang dukungan pemilih di setiap TPS. Perangkat GPS akan melaporkan posisi user saat sedang bekerja menggalang dukungan. Sehingga Tim Sukses di tingkat TPS tidak dapat melakukan manipulasi atas pekerjaannya. Kemudian perangkat Video Call dapat digunakan oleh user dan Caleg ketika ada permintaan pemilih untuk berkomunikasi dengan Caleg yang dipromosikan user.

Kelebihan lain dari teknik kerja Aplikasi Canvasing yang diproduksi oleh PT SAU tersebut adalah memiliki kapasitas server yang dapat diatur pada skala Dapil di tingkat Kabupaten/Kota maupun Dapil pada tingkatan Provinsi. Semakin besar tingkatannya, semakin besar pula kapasitas server yang hendak dibangun. Hal tersebut diiyakan oleh Direktur Produksi, Ferdinand Tahulending. Tahulending mengatakan, bobot server yang dikonstruksikan untuk kepentingan masing-masing Caleg disesuaikan dengan wilayah Dapilnya dan jumlah pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap. Teknologinya telah dirancang sedemikian rupa sehingga menekan tingkat error secara signifikan. Jika terjadi masalah dalam jaringan, kami sudah ada langkah alternative untuk mengatasi kemungkinan itu, ungkap dosen Sistem Informasi di Universitas Nusantara itu.  

Disinggung mengenai harga jual dari Aplikasi Canvasing, Manatar mengatakan setiap aplikasi berbeda harganya. Khusus aplikasi Canvasing untuk kalangan Caleg Kabupaten/Kota harganya Rp 20 Juta, ungkap Manatar.