Jaringan Palapa Ring Menembus Batas Isolasi Di Perbatasan Sulut

0
405

KOMPAQ.ID||SANGIHE| Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara bersama Mentri Keuangan Sri Muljani Indrawati datang melawat warga Kepulauan Sangihe pada pekan lalu, persisinya Jumat 18 Januari 2019. Tujuan kedatangan kedua mentri untuk melakukan uji coba Jaringan Palapa Ring Tengah. Jaringan dimaksud dapat mempermudah masyarakat dan pemerintah dalam memperoleh kebutuhan informasi dan komunikasi, kata Jetty Pulu Kepala Dinas Kominfo Sulut kepada Kompaq.id kemarin 21/1 melalui masenger.

Sementara itu, Mentri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melalui laman fanpagenya mengatakan dirinya bersama Menkominfo, pada hari Jumat 18 Januari 2019 mengunjungi Kepulauan Sangihe, untuk melakukan uji coba Jaringan Palapa Ring Tengah.

Keterangan Pers Dari Mentri Keuangan Sri Mulyani Indrawati Kepada Awak Media Dalam Kunjungannya di Pulau Sangihe

“Saya senang dan bahagia karena dengan adanya koneksi jaringan Palapa Ring di wilayah Tahuna, Sulawesi Utara merupakan wujud dari membangun Indonesia dari pinggiran serta dapat menyatukan seluruh Republik Indonesia. Konsep daerah terluar semestinya hanya masalah geografis, tapi mereka tidak boleh merasa terpencil atau tidak terkoneksi dengan jaringan. Anda boleh saja berada di wilayah terpencil dan terpelosok Indonesia, namun harus tetap dapat terhubung karena terfaslitasi dengan infrastruktur jaringan komunikasi yang baik. Ini adalah pemenuhan tekad pemerintah di bawah kepimpinan Presiden Joko Widodo untuk membangun infrastruktur baik menggunakan APBN, non APBN atau instrumen keuangan yang tersedia”. tulisnya.  

Selanjutnya, Mentri Sri mengutip keterangan Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara, jaringan Palapa Ring ini ibarat jalan tol untuk internet. Kalau kita punya tol laut, tol darat maka Palapa Ring adalah tol langit. Internet ini dipersembahkan untuk masyarakat dengan koneksi yang cepat dan murah. Target dari Kementerian Komunikasi dan Informasi, pada tahun 2020 tidak ada desa yang tidak punya akses internet. Tidak ada kantor Koramil yang tidak terhubung, tidak ada lagi kantor Polsek yang tidak terhubung.

Akhirnya dengan sangat optimis, Mentri Keuangan menegaskan: “Saya yakin pembangunan infrastruktur jaringan ini luar biasa penting untuk menunjang pemerintah dalam fokus membangun sumber daya manusia Indonesia. Kita tidak mungkin meningkatkan kualitas sumber daya manusia tanpa adanya infrastruktur yang memadai. Terima kasih kepada Menkominfo, Gubernur Sulawesi Utara, Bupati Kepulauan Sangihe, dan BUMN Kemenkeu (PT PII dan PT SMI ) atas seluruh kerja sama dan sinergi sehingga projek ini dapat terlaksana dengan baik.

Apresiasi warga perbatasan terhadap kiat pemerintah ini sangat tinggi. Dominan warga berterimakasih kepada pemerintah karena telah memperhatikan daerah perbatasan dengan segala keterbatasannya, tulis salah satu warga Sangihe di rantau.

Sementara ada pula warga yang merasa hanya pada saat kunjungan kedua mentri, jaringan di Sangihe menjadi sangat bagus. Ketika kedua mentri kembali ke Jakarta, jaringan sudah kembali menjadi sangat buruk, tulis seorang warga Tahuna di akun facebooknya.

Bupati Sangihe, Jabes Ezar Gaghana semalam dikonfirmasi Kompaq.id di rumahnya di bilangan Mountain View Manado mengatakan bahwa “sudah tidak lama lagi jaringan internet dapat diakses oleh seluruh warga Nusa Utara secara langsung dari rumah mereka. Kini pemerintah sedang mempersiapkan penyambungan jaringan ke rumah-rumah pengguna”, ungkap Jabes  (Opy)



TINGGALKAN KOMENTAR