STIE EL’FATAH Manado Gelar BakSos Di Desa Likupang Satu

0
184

Manado || KOMPAQ.ID- Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) adalah bagian dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bertujuan mengelorakan semangat partisipasi masyarakat bersama perguruan tinggi untuk memajukan pembangunan di desa.

Ketua STIE El Fatah Manado Dr.Harlina Legi,S.Sos,SE,MSi kepada media ini menyampaikan pada kegiatan Bakti Sosial Dalam rangka KKN Mahasiswa STIE El Fatah Manado di Desa Likupang I Kecamatan Likupang Timur Kabupaten Minahasa Utara, Bertujuan untuk mengimplementasikan kegiatan dalam bentuk Bersih-bersih lingkungan,pemasangan tiang pancang batas jaga dan bantuan fasilitas kursi untuk kantor desa

Menurut Harlina,Secara umum, program ini dirancang untuk memberikan kontribusi nyata dalam mendorong kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan apalagi Desa Likupang yang juga merupakan daerah destinasi wisata nasional dan salah satu daerah pengembangan KEK di Indonesia.

Ditambahkan oleh Harlina bahwa kuliah kerja nyata (KKN) merupakan kegiatan rutin tahunan yang diimplementasikan dalam bentuk program Pengabdian kepada Masyarakat sebagai komitmen STIE El Fatah Manado untuk memotivasi masyarakat agar terlibat langsung dalam pembangunan desa. Kegiatan ini melibatkan Dosen dan mahasiswa semester akhir tahun akademik 2021/2022 serta perangkat Desa Likupang I yg dipimpin Hukum tua Decky Sumakul,SE.

Ketua panitia Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan XXV STIE EL’FATAH Manado Merna Tumanung S.Pd, M.Pd menyampaikan salah satu bentuk untuk mencapai tujuan Tri Darma perguruan tinggi juga merupakan salah satu syarat kelulusan bagi mahasiswa serta bentuk pengapdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa secara terinterdisipliner, instusional dan kemitraan adalah kuliah kerja nyata (KKN).kegiatan ini dilaksanakan di desa Likupang Satu dimana semua mata tertuju kesana dalam aspek perkembangan ekonomi khususnya di dunia pariwisata, desa Likupang satu merupakan salah satu jalur ke tempat wisata yakni pantai Pal dan pantai Pulisan dimana masi ada kekurangan simbol pembatas wilayah dalam hal ini keterangan batas lingkungan (jaga) sehingga mahasiswa KKN STIE EL’FATAH manado mengambil andil untuk melengkapi hal tersebut, sehingga panitia dan mahasiswa melaksanakan bakti sosial memasang simbol batas lingkungan serta melaksanakan bersih-bersih bersama pemerintah desa yang diwakili oleh bapak David sebagai kepala lingkungan. Mahasiswa bersama para Dosen memberikan cendramata berupa kursi untuk desa Likupang satu untuk melengkapi prasarana di desa.

Kegiatan ini berlangsung secara lancar dan baik tentunya sesuai dengan protokol kesehatan serta mendapat apresiasi yang luar biasa dari pemerintah setempat juga masyarakat. Secara timbal balik kepada mahasiswa yakni mereka sukses melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai mahasiswa KKN angkatan XXV STIE EL’FATAH manado dan ada kepuasan tersendiri dalam melaksanakan pengapdian kepada masyarakat.

Ketua panitia KKN angkatan XXV STIE EL’FATAH Manado Merna Tumanung S.Pd, M.Pd yang juga merupakan kandidat Doktor menyampaikan banyak terimakasih kepada pemerintah desa Likupang satu, juga kepada pimpinan yayasan, ketua STIE EL’FATAH Manado, para pejabat struktural, serta mahasiswa.

(Rensi)